Teka-teki mengenai wujud Shinkansen eksperimental generasi terbaru, ALFA-X, mulai terkuak. Setelah sebelumnya hanya beredar hasil render-nya, Kereta Ujicoba No.1 untuk rangkaian shinkansen ALFA-X dipamerkan untuk media pertama kalinya di pabrik milik Kawasaki Heavy Industries di Kota Kobe, Perfektur Hyogo pada Rabu (12/12).
北海道新幹線の札幌延伸を見据えてJR東日本が開発を進めている新型新幹線の試験車両「ALFAーX」が12日、初めて報道陣に公開されましたhttps://t.co/2HY2X7uwUF#nhk_news #nhk_video pic.twitter.com/rVbRLFdc3B
— NHKニュース (@nhk_news) December 12, 2018
JR東日本は新幹線の新型試験車両「ALFA-X」の車体の一部を兵庫県の工場で報道陣に公開しました。#TBSNEWS #いらすとキャスター #新幹線 pic.twitter.com/6A8oDtWygm
— TBS NEWS (@tbs_news) December 12, 2018
Shinkansen eksperimental ALFA-X adalah rangkaian shinkansen khusus untuk eksperimen dan pengujian yang dipesan oleh Japan Railway East (JR East). ALFA-X digunakan dalam proses penelitian dan pengembangan teknologi JR East untuk shinkansen generasi terbaru yang akan beroperasi dengan kecepatan 360 km/h. JR East akan menguji beberapa teknologi dan fitur baru, seperti pengaruh panjang “hidung” shinkansen terhadap tekanan udara dan tingkat kebisingan dalam terowongan, sistem pengereman otomatis saat gempa bumi, serta sistem suspensi terbaru. Untuk penelitian pengaruh panjang “hidung” shinkansen, JR East mendesain kedua ujung “hidung” ALFA-X dengan “hidung” yang berbeda panjangnya, hal itu dilakukan untuk mengetahui perbedaan antara keduanya.
Shinkansen eksperimental bukan pertama kalinya dimiliki oleh JR East, sebelumnya pada tahun 2005 JR East punya shinkansen Fastech 360S dan 360Z untuk eksperimen dan uji coba. Fastech 360 sendiri mampu melaju hingga kecepatan 400 km/jam. Namun hasil tes fastech 360 hanya menargetkan kecepatan 360 km/jam pada saat itu. Dan setelah serangkaian uji coba dengan fastech 360 lahirlah shinkansen seri e5 dan e6 pada 2011.
世界最速の時速360キロ営業運転を目指す、JR東日本の次世代新幹線試験車両「ALFA-X」が報道公開されました。
記事→https://t.co/RtGZmi1JtE #新幹線 #世界最速 #JR東日本 pic.twitter.com/4UghxPOy1g— 時事通信映像ニュース (@jiji_images) December 12, 2018
時速360キロへ次世代新幹線の試験車両(神戸新聞)
JR東日本は試験車両「ALFA-X」を、川崎重工業兵庫工場で報道陣に公開した。
全長約16メートルの長い「鼻」と流線形のデザインが特徴で、2019年5月に完成、試験走行を始める予定。#次世代新幹線 #新幹線 #JR東日本 pic.twitter.com/7G03LvaYzm— M.Imanishi (@Mr_M3222) December 12, 2018
Kepala Bidang Pengembangan Sistem Kereta JR East Koji Asano menuturkan bahwa Shinkansen ALFA-X digadang-gadang akan menjadi shinkansen masa depan, dengan estimasi produksi kereta berikut prototipe selesai dalam 10 tahun. Shinkansen komersial hasil dari ALFA-X rencananya akan digunakan dalam pengembangan jalur kereta shinkansen antara Tokyo sampai Sapporo pada tahun 2031. Untuk ALFA-X sendiri rencananya akan selesai dibuat pada Mei 2019, sebelum akhirnya siap untuk menjalani serangkaian test dan penelitian.
Cemplus Newsline by KAORI | Rizky Apriyanto